Srikandi RS PMI Bogor Sukses Hasilkan Buku Kesehatan

Berita PMI - 07-10-2016 03:10
Srikandi RS PMI Bogor Sukses Hasilkan Buku Kesehatan

Sumber gambar:

Bertepatan dengan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke-71, buku hasil karya Erlina Puji Lestari, Amk, dr. Nanci Safril Sovira, Sp.P dan dr Kalqin Alimi Qomara Sp.M, MSc, akhirnya diluncurkan. Sesuai rencana, buku ini bisa dibeli di book store

Salah seorang penulis,dr Nancy S Syafil mengatakan, buku dengan judul 'Basil Merah' sengaja dibuat untuk memberi pengetahuan bagi masyarakat soal bahaya penyakit Tuberculosis atau disingkat TB.

Melalui gaya penulisan yang ringan, Nancy bersama rekannya mengupas tuntas penyakit yang disebabkan kuman TB. Dalam dunia medis dikenal dengan sebutan Basil Merah.

"Ide pembuatannya setahun. Tapi waktu penggarapannya ini sekitar dua bulan" ungkap dr Nancy.

Ia mengakui jika tiap tahunya jumlah penderita TB terus meningkat. Sementara, penyakit yang tergolong menular ini bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Di buku yang ditulisnya bersama tim, ia pun mengulas bagaimana penyakit ini dialami seorang remaja.

"Di buku ini kami sengaja ingin memberikan pemahaman tentang penyakit TB dalam tulisan yang ringan. sehingga mereka bisa tahu bagaimana pengalaman pasien. Kemudian bagaimana tim medis beraksi dalam menangani penderita paru paru,"sebut dia.

Beberapa bagian yang juga dijabarkan secara detail di antaranya tentang definisi penyakit TB, gejala yang dialami pasien, cara penyebaran atau penularan dan faktor pemicu yang menyebabkan kuman TB alias basil merah menyerang.

"Apalagi jumlahnya juga cukup tinggi. Makanya ini betul betul harus dipercepat," terangnya

Terpisah, Dewan Pengawas RS PMI Bogor dr. Farid mengapresiasi diluncurkannya buku berjudu basil merah. Menurutnya, hal itu menunjukkan  bahwa RS PMI Bogor tidak cuma konsen dalam pelayanan tapi sekaligus menjadi RS Pendidikan dan penelitian
"Saya kira ini perlu dipertahankan. Kalau perlu perjalanan direkturnya pun dibuat,"tandasnya

IGD 24 JAM

0251 - 835 9040

TELEPON

0251 - 832 4080