SAYANGI GINJALMU TERAPKAN GAYA HIDUP SEHAT

Berita PMI - 23-09-2016 02:09
SAYANGI GINJALMU TERAPKAN GAYA HIDUP SEHAT

Sumber gambar:

     Konsultan Ginjal Rumah Sakit PMI Dr Ardaya Sp.PD-KGH menjelaskan, gagal ginjal adalah kegagalan pada ginjal untuk melakukan fungsinya yakni sebagai alat ekspresi pembuangan sisa olahan makan, dan juga memproduksi darah baru.
     "Dampak dari gagal ginjal tidak menyebabkan kematian mendadak seperti jantung, tetapi dapat mematikan. Secara keseluruhan dampaknya dapat mengganggu sistem dalam tubuh," katanya.
    Semua orang berpotensi terserang gagal ginjal. Mereka yang berpotensi terkena adalah pasien yang menderita penyakit kronis seperti hipertensi atau darah tinggi, kencing manis, infeksi kronis saluran kemih, dan batu ginjal.
     Rata-rata penyakit ini dapat menyerang segala usia, mulai dari bayi usia enam bulan karena bawaan ginjal dari lahir, dan kebanyakan dari usia mulai 18 sampai 80 tahun lebih.
    Upaya untuk mencegah gagal ginjal dengan menerapkan pola hidup sehat, yakni makan dengan gizi seimbang, aktif gerak fisik olahraga teratur, menjauhkan diri dari gaya hidup tidak sehat seperti merokok, dan minuman beralkohol.
     Kurang minum juga salah satu faktor resiko terjadinya gagal ginjal. Mereka yang minum kurang dari delapan gelas sehari cenderung terjadi gagal ginjal.
     Untuk mendeteksi penyakit gagal ginjal sedikit sulit, karena ciri-cirinya tidak diketahui. Jikapun terjadi gejala, kebanyakan penderita sudah stadium lanjut yakni stadium empat dan lima.
    Apabila pasien sudah memasuki stadium lanjut, salah satu pengobatan yang dapat dilakukan dengan cuci darah atau hemodialisis.
     Cara untuk mencegah stadium lanjut gagal ginjal dapat dilakukan dengan deteksi dini dengan rutin memeriksakan kesehatan tubuh ke laboratorium.
    Ardaya merupakan satu-satunya konsultan ginjal yang ada di Bogor. Berpraktik di Rumah Sakit PMI Bogor setiap Senin pukul 11.00 sampai 12.00 WIB, Selasa pukul 17.00-19.00 WIB dan Kamis pukul 10.30-11.30 WIB.

IGD 24 JAM

0251 - 835 9040

TELEPON

0251 - 832 4080