HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA 2018

Berita PMI - 10-10-2018 14:10
HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA 2018

Sumber gambar:

seperti yang kita ketahui, masa remaja adalah fase terpenting dalam satu masa kehidupan seseorang. Karena pada masa itu terjadi sebuah  transisi dari anak-anak menuju dewasa. Akan   banyak perubahan yang terjadi pada fase itu, yang suka maupun tidak suka harus  dihadapi oleh remaja, perubahan itu tidak hanya meliputi perubahan fisik dan mental saja, namun juga adanya perubahan secara sosial, misalnya penyerahan tanggung jawab yang lebih besar, cara berinteraksi dengan lingkungan, dan beberapa tuntutan sosial lainnya yang pada akhirnya akan  menjadi dinamika kehidupannya.

Perubahan akan dinamika kehidupan yang dialami oleh remaja membuatnya menjadi rentan mengalami gangguan kejiwaan, oleh sebab itu diperlukan suatu manajemen yang baik untuk mengatasi itu semua. Remaja membutuhkan kontribusi positif dari orang-orang dilingkungannya untuk memberikan arahan, bimbingan serta membantunya untuk mengoptimalkan setiap potensi yang dimiliki dengan tujuan meminimalisir setiap beban yang dirasakan olehnya, akibat dari dinamika yang terjadi. 

Kontribusi positif yang bisa dilakukan oleh orang-orang di sekitarnya, antara lain:

1. Mereka harus mampu menjadi sabahat remaja dan menjadi pendengar yang baik bagi mereka

2. Bekali sisi spiritual remaja agar mereka tidak salah dalam mengambil keputusan dalam kehidupan yang terus berubah

3. Dampingi mereka ketika mereka dalam situasi dengan beban yang banyak.

4. Konsulkan pada ahli jika dilihat remaja sudah tidak sanggup menangung beban

 

Kontribusi positif lainnya yang dapat dilakukan adalah bekerjasama dengan  dokter spesialis psikiatri,  apabila dirasakan perlu. landa dapat mengkonsultasikan kepada dokter spesialis psikiatri kami, dr. Riati Sri H, Sp.KJ., MSc atau dr. Lukman M, Sp.KJ untuk menemukan teknik yang tepat.

Bagikan Ke:

IGD 24 JAM

0251 - 835 9040

TELEPON

0251 - 832 4080