Arthroscopy Minimalisir Trauma Percepat Penyembuhan

Berita PMI - 02-09-2016 07:09
 Arthroscopy Minimalisir Trauma Percepat Penyembuhan

Sumber gambar:

Sebuah evolusi terbaru dalam dunia medis kini menjadi solusi bagi penderita sendi ataupun trauma berat akibat kecelakaan, yang dapat meminimalisir trauma atau infasif dan mempercepat masa penyembuhan

Selama ini teknik yang digunakan dalam penyembuhan pasien penderita sendi ataupun trauma karena kecelakaan berat menggunakan metode konvensional dimana dilakukan operasi dengan sayatan cukup besar, sehingga proses penyembuhan menjadi lebih panjang.

Dengan Arthtroscopy tindakan dilakukan dengan melakukan sayatan kecil pada kulit sehingga luka operasi menjadi minimal dan cepat sembuh.

Dokter spesialis orthopedi, dr. Andi Wisnubaroto, Sp.OT-FICS,MARS menjelaskan beberapa tindakan dengan sayatan besar misalnya pada lutut sekarang telah banyak digantikan dengan tindakan Arthroscopy. "Tindakan ini relatif aman bagi pasien termasuk mereka yang memasuki usia lanjut" katanya.

Penyakit atau keluhan pada sendi yang dapat dilakukan dengan tindakan secara Arthroscopy yakni untuk pasien pengapuran sendi (osteoartristis) rekunstruksi cidera ligamen, cidera pada bantalan sendi bahu atau lutut, memindahkan fragmen tulang yang lepas. 

Arthroscopy sudah mulai dikenal kalangan masyarakat, tantangannya banyak masyarakat belum paham tentang metode ini dan merasa ngeri karena harus memasukan benda ke dalam tubuh termasuk kamera (scopy) yang dapat memperlihatkan kondisi di dalam sendi secara detail dan akurat.

Padahal peralatan yang dimasukan ke dalam sendi tersebut ukurannya kecil, termasuk kamera yang digunakan sehingga tidak menimbulkan nyeri maupun bekas luka yang dalam akibat pembedahan.

Tindakan Arthroscopy menggunakan sistem kamera dengan lensa fiber optik dengan sumber cahaya untuk melihat isi sendi dan ditampilkan lewat layar monitor. Instrumen lain digunakan untuk melakukan tindakan tertentu seperti gunting kecil, penjepit jaringan dan alat pemotong elektrik (shaver).

Menggunakan Arthroscopy dapat mempersingkat hari perawatan dibanding metode operasi konvensional sehingga biaya pasien menjadi murah dengan cepatnya proses penyembuhan.

RS PMI Bogor menjadi salah satu rumah sakit di wilayah Bogor yang menggunakan Arthroscopy dalam penyembuhan keluhan sendi.

 

 

Bagikan Ke:

IGD 24 JAM

0251 - 835 9040

TELEPON

0251 - 832 4080