TIPS SEHAT SAAT HARI RAYA KURBAN

Artikel Kesehatan - 09-08-2019 15:08
TIPS SEHAT SAAT HARI RAYA KURBAN

Sumber gambar:

Beberapa hari lagi kita akan menyambut Hari Raya Idul Adha, yang disebut juga Hari Raya Kurban. Di hari ini akan dilakukan penyembelihan hewan kurban sebagai tanda ketakwaan umat kepada Tuhannya. Hewan kurban dapat berupa sapi, kambing, domba, dan unta. Daging dari hewan tersebut akan dibagikan kepada yang berhak untuk dimasak dan dinikmati oleh keluarganya.

Daging merupakan sumber protein yang sangat baik. Fungsi dari protein selain berguna untuk pertumbuhan juga untuk memperbaiki kerusakan sel tubuh, sehingga dapat mempercepat penyembuhan. Namun terkadang ada kekhawatiran akan ada efek lainnya bila mengonsumsi secara berlebihan. Berapakah jumlah dan bagaimanakah cara pengolahan yang dianjurkan agar kita tetap mendapat manfaat baik dari daging kurban tersebut?

Bahan makanan sumber protein hewani dapat aman dikonsumsi sebanyak 120-250 g sehari. Dan cara pengolahan yang dianjurkan adalah dengan dicuci bersih dan dimasak matang untuk menghindari kontaminasi bakteri. Proses pemasakan sebaiknya menggunakan peralatan masak yang aman. Hindari memasak sampai hangus atau gosong terutama memasak dengan cara dibakar, karena dapat memicu radikal bebas penyebab kanker. Namun hindari pula memasak setengah matang karena bakteri tidak mati dan dapat menyebabkan penyakit infeksi.

Daging yang baik adalah daging yang segar, bersih, dan bebas lemak. Untuk penderita darah tinggi dan kolesterol tetap dapat mengonsumsi daging, baik sapi maupun kambing/domba, namun dalam proses memasak hindari menggunakan garam atau penyedap yang terlalu berlebihan.  Seimbangkan dengan mengonsumsi buah dan sayur. Serat pada sayur dan buah dapat membantu menyerap lemak jenuh yang selanjutnya akan dibuang bersama feses.

Demikian sedikit tips agar kita dapat merayakan Hari Raya Idul Adha dengan sehat dan bahagia. Salam Sehat PMI

Bagikan Ke:

IGD 24 JAM

0251 - 835 9040

TELEPON

0251 - 832 4080