TIPS MENCEGAH BAU MULUT SAAT PUASA

Artikel Kesehatan - 02-06-2018 11:06
TIPS MENCEGAH BAU MULUT SAAT PUASA

Sumber gambar:

Tidak minum dan makan dalam jangka waktu lama akan menimbulkan bau mulut tak sedap, karena terjadi metabolisme pemecahan zat gizi cadangan menjadi kalori. Hasil dari metabolisme ini yang mengeluarkan zat tertentu yang menyebabkan aroma mulut yang khas saat berpuasa.

Ternyata bau mulut selama berpuasa ini dapat dicegah. Ada beberapa tips yang disampaikan oleh drg Idriani Hapsari dan drg Ayunda yang merupakan dokter gigi di RS PMI Bogor. Tips tersebut antara lain :

1. Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka.

Air putih menyehatkan tubuh dan meningkatkan produksi air liur. Air liur akan membantu menjaga kebersihan mulut serta meminimalisir bau mulut.

2. Menggosok gigi saat sahur dan berbuka puasa.

Sisa makanan yang ada di mulut dan gigi menyebabkan bau mulut. Tapi jangan gosok gigi saat puasa ya, khawatir ada yang tertelan sehingga bisa membatalkan puasa

3. Bersihkan lidah dengan pembersih lidah.

Ada beberapa orang yang lidahnya banyak menempel sisa kotoran. Ternyata sisa kotoran di lidah baunya lebih tak sedap lho.

4. Hindari kumur dengan obat kumur beralkohol.

Obat kumur pada umumnya mengandung alkohol, menyebabkan matinya kuman baik dalam mulut. Kuman baik ini ada fungsinya, menjaga kesehatan mulut. Mulut yang sehat biasanya tidak bau berlebihan saat puasa.

5. Perbanyak makan sayur dan buah yang berserat dan berair.

Buah-buahan yang berserat tinggi dan berair cukup ampuh mencegah bau mulut. Buah-buahan yang bias dikonsumsi untuk mecegah bau mulut antara lain semangka, melon, jeruk, jambu biji, pepaya dan lainnya.

6. Hindari makanan yang merangsang naiknya asam lambung.

Meningkatnya asam lambung akan menyebabkan bau mulut. Untuk yang mempunyai sakit lambung hindari makanan santan, gorengan dan makanan yang asam.

7. Hindari makan petai dan jengkol.

Bagi penggemar makan ini, tahan dulu selama bulan puasa. Sebaiknya libur dulu makan jengkol dan petai. Tidak puasa saja sudah bau kalau makan makan ini, apalagi sedang puasa, sebaiknya jangan yah.

8. Hilangkan penyebab utama bau mulut seperti gigi berlubang dan karang gigi.

Bila ada gigi yang berlubang segera ke dokter gigi untuk menambalnya. Bila ada karang gigi segera bersihkan di poliklinik dokter gigi.

Itulah beberapa tips yang cukup mudah dilakukan untuk mencegah bau mulut. Tetap berpuasa dan tidak bau mulut insha Allah bisa yah

Bagikan Ke:

IGD 24 JAM

0251 - 835 9040

TELEPON

0251 - 832 4080