SEHAT JIWA DI TEMPAT KERJA

Artikel Kesehatan - 10-10-2017 19:10
SEHAT JIWA DI TEMPAT KERJA

Sumber gambar:

Tingginya jumlah penduduk yang bekerja di Indonesia pada bulan Februari 2015  hampir mencapai 120,8 juta, dimana jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 6,2 Juta orang dibanding data yang didapatkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS)  pada bulan Agustus 2014.

Seorang pekerja rentan dengan berbagai macam penyakit, terutama penyakit yang disebabkan tekanan-tekanan dalam ruang lingkup pekerjaannya. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama mewujudkan sehat yang ‘sempurna’ baik fisik, mental maupun sosial.

Tips  agar kita menjadi pekerja yang sehat antara lain :

  1. Kelola beban kerja secara realistis, sadari bahwa tidak ada satu pekerjaan pun yang bisa dibereskan secara instant.
  2. Seimbangkan gaya hidup, seperti; konsumsi makanan sehat, istirahat dan tidur yang cukup, olah raga dan pertahankan hubungan dengan orang-orang terdekat sebagai dukungan kelompok.
  3. Kurangi ketegangan, misalnya ; atur napas, relaksasi dan coba menghipnotis diri, atur atau modifikasi jadwal kegiatan yang dapat meningkatkan stress (Misalnya; Rapat atau pertemuan penting) dengan kegiatan yang hanya memiliki sedikit tekanan/ stress.
  4. Gunakan waktu jeda atau istirahat untuk mengembalikan energy, misalnya ; ngobrol dengan teman, nonton pertunjukan drama komedi, dll.
  5. Sadari atau waspadai tanda-tanda awal terjadinya stress kerja (konflik dengan rekan, atasan, maupun beban kerja yang berlebih), bila anda mulai menemukan ini maka segeralah mengambil langkah untuk mengelola beban anda lalu mengatasinya.
  6. Bila pada akhirnya, anda mulai merasa bahwa masalah tersebut mengganggu serta mempengaruhi kualitas hidup anda, maka hal yang paling bijak adalah konsultasikan masalah tersebut  pada ahlinya.

 

Oleh : dr. Riati Sri, Sp.KJ,M.Sc

Bagikan Ke:

IGD 24 JAM

0251 - 835 9040

TELEPON

0251 - 832 4080