Pencegahan Serangan Jantung dengan Atur Pola Makan

Artikel Kesehatan - 17-01-2017 08:01
Pencegahan Serangan Jantung dengan Atur Pola Makan

Sumber gambar:

Sehat itu mahal, itu adalah slogan paling tepat yang harus terpatri. Oleh karena itu lebih baik mencegah daripada mengobati. Apalagi penyakit yang memiliki resiko kematian yang tinggi seperti serangan jantung. Menurut dokter Kornadi, banyak cara untuk mencegah penyakit serangan jantung agar tidak menghampiri wanita.
 
Antara lain, mengatur pola makan yang baik, tidak merokok, dan menjaga tekanan darah tetap stabil.
 
Salah satu faktor pemicu penyakit jantung adalah pola makan yang salah. Hindari mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi, seperti daging merah, jeroan, atau gorengan. Makanan dengan kandungan lemak tinggi bisa menyebabkan penumpukan plak di dinding pembuluh darah, sehingga menyebabkan penyumbatan dan lambat laun menyebabkan gangguan pada jantung.
 
Pengaturan pola makan yang paling tepat adalah dengan meningkatkan asupan buah dan sayur. Kedua makanan tersebut kaya akan serat dan efektif mencegah penyumbatan pembuluh darah. Ikan juga baik untuk tubuh karena kaya asam lemak omega 3 yang baik bagi kesehatan jantung. “Jangan lupa untuk mengolah makanan dengan cara yang sehat, seperti dengan direbus atau dikukus. Hindari pengolahan makanan dengan cara digoreng atau dibakar,” jelasnya.
 
Selanjutnya, jangan merokok karena merokok terbukti sebagai salah satu faktor pemicu penyakit jantung. “Kandungan nikotin dalam rokok adalah racun yang memicu arterosklerosis, yakni penyumbatan pada pembuluh darah arteri dan memicu penyakit jantung,” jelasnya. Berikutnya ialah jaga tekanan darah agar tetap stabil karena tekanan darah tinggi adalah faktor terbesar penyebab serangan jantung.

Bagikan Ke:

IGD 24 JAM

0251 - 835 9040

TELEPON

0251 - 832 4080