MUDIK AMAN BAGI IBU HAMIL

Artikel Kesehatan - 11-06-2018 12:06
MUDIK AMAN BAGI IBU HAMIL

Sumber gambar:

Tradisi yang cukup menyenangkan mudik setiap hari raya untuk bisa merayakannya bersama keluarga. Tidak ketinggalan tentunya para ibu hamil yang juga ingin ikut serta dalam kegiatan mudik yang bisa jadi hanya dilakukan setahun sekali. Karena kondisi ibu hamil yang spesial tentunya perlu persiapan diri untuk melakukan mudik agar tetap aman dan nyaman.

 

Salah satu bidan di RS PMI Bogor, Sartika Fajriani membagikan tips mudik aman dan nyaman untuk ibu hamil. Menurutnya, ibu hamil tetap bisa ikut mudik dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini :

 

  1. Usia kehamilan yang aman untuk mudik/melakukan perjalanan jauh

Pada umumnya usia kehamilan yang aman untuk melakukan perjalanan jauh ada pada trimester kedua (usia kehamilan 3-6 bulan / di atas 12 sampai 27 minggu). Pada usia kehamilan tersebut, tubuh ibu berada dalam tahap stabil atau sudah bisa beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi selama kehamilan.

 

  1. Barang-barang yang perlu disiapkan

Penting untuk dibawa yaitu catatan medis selama kehamilan, dan jangan lupa bawa kartu jaminan kesehatan. Selain itu, persiapkan obat-obatan yang mungkin diperlukan selama perjalanan dan juga vitamin pribadi. Walaupun waktu persalinan dirasa masih jauh, namun tidak ada salahnya untuk bunda membawa perlengkapan persalinan secukupnya untuk antisipasi.

 

  1. Kenyamanan ibu hamil adalah yang utama

Ingat ya bunda, kenyamanan adalah yang utama. Karena jika bunda nyaman, janin pun ikut merasa nyaman. Selama diperjalanan lakukanlah senam kecil seperti menggerak-gerakan kaki agar sirkulasi darah tetap lancar. Lalu, perhatikan moda transportasi yang digunakan.

  1. Mobil pribadi

Jika bunda mudik menggunakan mobil pribadi, pastikan posisi jok diatur senyaman mungkin, gunakan seat belt dan bantal penyanggang pinggang.

  1. Bus

Biasanya bus menyediakan toilet, namun toilet yang tersedia umumnya sempit dan mungkin agak sulit untuk bunda menggunakannya. Siasati dengan memanfaatkan waktu saat bus sampai di rest area dan gunakan toilet disana. Gunakan bantal penyanggang pinggang dan pakailah baju yang nyaman dan longgar.

  1. Pesawat terbang

Perhatikan syarat yg diberikan oleh maskapai penerbangan untuk ibu hamil. Beberapa maskapai menerapkan usia kehamilan untuk penumpang pesawat adalah usia 36 minggu untuk kehamilan pertama dan usia 32 minggu untuk kehamilan kedua dan seterusnya. Persiapkan surat keterangan dokter dan surat keterangan layak terbang yang bisa didapatkan dari kantor kesehatan pelabuhan di terminal keberangkatan. Beri tahu pramugari bahwa anda sedang hamil, jadi mereka dapat membantu jika kita membutuhkan bantuan.

  1. Kapal laut

Gelombang laut biasanya membuat kita semakin merasa mual. Antisipasi dengan membawa minyak kayu putih/ minyak aroma terapi yang dapat meringankan gejala mual, jika diperlukan bisa menggunakan obat antimual yang diberikan dokter.

  1. Kereta api

Kereta api merupakan pilihan moda transportasi yang cukup aman untuk ibu hamil, karena guncangannya tidak terlalu besar, stabil, dan tersedia restorasi jika bunda merasa lapar. Tapi perlu diingat, karena waktu tempuh yang panjang dan posisi bunda cenderung statis, maka bunda sesekali wajib untuk meregangkan otot-otot dengan cara senam kecil, seperti gerakan pergelangan kaki, peregangan tangan, dan gerakan relaksasi kepala agar sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

 

Itulah tips yang dibagikan oleh Bidan Sartika untuk para ibu hamil. Mudik aman dan nyaman mudah dilakukan. Jangan lupa konsultasikan kondisi kehamilan anda dengan bidan atau dokter sebelum melakukan mudik.

Selamat mudik dan Salam sehat RS PMI Bogor

Bagikan Ke:

IGD 24 JAM

0251 - 835 9040

TELEPON

0251 - 832 4080