MENU TEPAT SAAT SAHUR

Artikel Kesehatan - 23-05-2018 10:05
MENU TEPAT SAAT SAHUR

Sumber gambar:

Oleh: dr. Niken Ch, M.Gizi

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan dan berpuasa di bulan ini merupakan kewajiban bagi umat Islam. Diperlukan niat dan fisik yang kuat untuk dapat menunaikan ibadah ini.

Bagaimana caranya agar selama berpuasa kita juga dapat melaksanakan kewajiban bekerja dengan baik? Tentunya diperlukan pengaturan makan dengan menu yang tepat agar kita dapat tetap bugar, terutama saat sahur.

Dalam menu sahur sebaiknya memenuhi unsur gizi seimbang, yaitu karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi, protein sebagai zat pembangun untuk mencegah kerusakan sel, vitamin, mineral , dan air sebagai pengatur metabolisme tubuh.

Karbohidrat yang dipilih sebaiknya merupakan karbohidrat kompleks (tinggi serat) agar penyerapan berjalan perlahan sehingga energi (glukosa) yang dihasilkan dapat digunakan lebih lama, efeknya tubuh tidak akan cepat lapar/lemas terutama di siang hari. Apakah yang termasuk karbohidrat kompleks?  Yang termasuk karbohidrat  kompleks adalah beras yang masih  berkulit ari, sayuran, dan buah-buahan. Jadi saat sahur perbanyak makan sayur dan buah ya.

Selain mengandung serat tinggi buah dan sayur juga mengandung vitamin dan mineral untuk pengaturan metabolisme tubuh agar pembentukan energi menjadi efisien dan radikal bebas yang terbentuk dapat diatasi. Hal ini menjadikan tubuh kita tidak mudah menjadi sakit.

Setiap hari sel tubuh kita melakukan penggantian dan perbaikan hal ini membutuhkan protein sebagai zat pembangun. Bahan makanan yang banyak mengandung protein antara lain; ikan, unggas, daging, telur, susu, dan kacang-kacangan. Usahakanlah makan 2 macam protein (hewani dan nabati) untuk melengkapi zat gizinya.

Air, penting untuk membantu metabolisme tubuh, selain mencegah dehidrasi dan menjaga fungsi ginjal kita agar tetap baik. Tentunya kebutuhan air berbeda menurut umur dan berat badan. Rata-rata kebutuhan air adalah 0.03 L/kg BB/hari, jadi misal berat badan (BB) 60 kg maka diperlukan sekitar 1.8 L air/hari.

Beruntung sekali kita tinggal di negeri kaya rempah sehingga kita bisa memasak berbagai jenis masakan nusantara dari bahan makanan di atas. Semoga uraian singkat ini bisa menjadi pengetahuan yang dapat diterapkan dalam menu Ramadhan kita tahun ini.

Bagikan Ke:

IGD 24 JAM

0251 - 835 9040

TELEPON

0251 - 832 4080