KONSELING VCT UNTUK MENGETAHUI STATUS HIV

Artikel Kesehatan - 01-12-2018 11:12
KONSELING VCT UNTUK MENGETAHUI STATUS HIV

Sumber gambar:

Voluntary Counseling and Testing atau biasa disebut VCT adalah suatu konseling pra test & post test bersifat rahasia yang dilakukan secara sukarela oleh seseorang yang ingin mengetahui status kesehatan dirinya terhadap kemungkinan terjangkit virus HIV

Tujuan dari tes VCT ini untuk mengetahui apakah seseorang beresiko dan atau mengidap HIV kemudian memberikan informasi tentang HIV/AIDS seperti cara penularan, cara pencegahan, prosedur pemeriksaan dan bagaimana tindak lanjut setelah dilakukan test.

Prosedur dalam Konseling VCT ini diawali dengan konseling pra test untuk menggali informasi terkait kegiatan atau aktifitas keseharian yang disinyalir berpotensi terjangkitnya virus HIV seperti, riwayat aktifitas seksual, penggunaan narkoba suntik, pernah menerima transfuse darah, memiliki tato dll. Setelah tahapan konseling pra tes dilakukan maka konselor akan menjelaskan mengenai pemeriksaan yang akan dilakukan, ada tiga jenis tes antibodi HIV yang umum: tes Elisa, tes Western Blot, dan Rapid test. Konselor akan meminta persetujuan Anda sebelum menjalani tes apapun. Semua tes ini sangat handal dan akurat.

Setelah menerima hasil tes, maka klien akan menjalani tahapan post konseling. Apabila hasil tes negatif, konselor tetap akan memberi pemahaman mengenai pentingnya menekan risiko HIV/AIDS. Misalnya, melakukan hubungan seksual dengan lebih aman dan menggunakan kondom. Namun, apabila hasil tes positif, maka konselor akan memberikan dukungan emosional agar penderita tidak patah semangat. Konselor juga akan memberikan informasi tentang langkah berikutnya yang dapat diambil, seperti penanganan dan pengobatan yang perlu dijalani. Termasuk pula cara mempertahankan pola hidup sehat, serta bagaimana agar tidak menularkan ke orang lain.

Konseling VCT di RS PMI Bogor dilakukan di Poliklinik Afiat yang dapat melayani anda pada hari senin sampai dengan sabtu, untuk jadwal praktek dapat dilihat di website www.rspmibogor.or.id dan dapatkan kemudahan mendaftar di Poliklinik Afiat menggunakan Aplikasi Pendaftaran Online Poliklinik Afiat yang dapat di download di Playstore dan App Store.

sekali lagi, konseling ini bersifat rahasia jadi jangan ragu untuk melakukan tes VCT untuk diri atau orang tersayang.

Bagikan Ke:

IGD 24 JAM

0251 - 835 9040

TELEPON

0251 - 832 4080