KATA DOKTER TENTANG KANKER

Artikel Kesehatan - 04-02-2019 06:02
KATA DOKTER TENTANG KANKER

Sumber gambar:

Sel kanker merupakan pertumbuhan suatu sel yang abnormal. Tumbuh dan berkembang biak dengan cepat. Serta tidak terkendali. Walaupun, sel normal dalam tubuh juga mengalami  pertumbuhan. Mereka juga membelah diri. Pada saat tertentu, sel normal dalam tubuh tersebut dapat mati. Akan tetapi pada sel kanker, mereka akan terus tumbuh dan berkembang. Mereka terus memperbanyak diri dan menghindari kematiannya. Bahkan dalam perkembangannya,  sel kanker ini lebih cepat tumbuh dari pertumbuhan sel normal.

Pada umumnya, gejala kanker dimulai dari benjolan yang tidak normal pada tubuh yang biasa di sebut tumor. Tumor terbagi menjadi dua, yaitu tumor jinak dan tumor ganas (kanker). Pada tumor jinak, pertumbuhannya cenderung lebih lambat di banding kanker. Kanker dapat menginvasi serta menghancurkan jaringan di sekitarnya, dan dalam fase tertentu dapat menyebar ke organ lain di dalam tubuh. Sedangkan pada tumor jinak, mereka tidak menyebar.

Lalu mengapa kanker berbahaya? Kanker tidak memandang usia, ia bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak, remaja, dewasa bahkan  lansia. Laki-laki maupun perempuan.  Kanker tidak hanya terdiri dari satu penyakit saja, melainkan lebih dari 200 jenis kanker yang berbeda. Dengan  gejala yang ditimbulkan maupun pengobatannya juga berbeda. Kanker yang menyerang bagian lain dari tubuh, biasanya akan membentuk tumor baru. Sel-sel ini menyebar melalui aliran darah atau pembuluh getah bening lalu menyebar ke seluruh tubuh. Proses penyebaran sel kanker ini disebut metastasis.

Kapan seseorang harus mulai waspada terhadap kanker? Ada perbedaan antara kanker yang menyerang anak-anak dan dewasa. Kanker pada anak-anak cenderung tidak bisa dicegah. Oleh  karena itu, orang tua wajib meningkatkan pengetahuannya tentang kanker pada anak. Waspadai bila terdapat benjolan pada bagian tubuh anak atau anak tiba-tiba terlihat pucat. Sering  demam dan adanya perdarahan baik di gusi, hidung, dll.

Bagi orang dewasa, gejala yang perlu diwaspai antara lain; adanya perubahan saat buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK), adanya gangguan pencernaan, suara serak/batuk tidak kunjung sembuh, adanya benjolah di payudara atau tempat-tempat lain, selain itu tahi lalat yang berubah sifat, adanya lendir/darah yang abnormal serta koreng yang tidak kunjung sembuh.

 Menghindari faktor resiko terjadinya kanker adalah satu-satunya hal yang bisa dilakukan. Selain itu, biasakan melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di rumah lalu ajarkan pada anak-anak. Bagi  kaum wanita sebaiknya rajin memeriksakan diri dan perlu dilakukan deteksi dini terhadap kanker.

Seseorang yang telah terdeteksi mengidap kanker, sebaiknya mengkonsultasikan masalahnya kepada spesialisasi yang tepat yaitu dokter spesialis  onkologi. Onkologi adalah suatu bidang ilmu kesehatan yang khusus menangani kanker. Mulai dari pemeriksaan  sampai dengan perawatan paliatif yaitu perawatan yang dilakukan untuk membantu meringankan pasien dari penderitaan fisik sampai psikologis. Dokter spesialis onkologi juga  dapat memberikan saran dari setiap aspek, baik dari pemeriksaan hingga penanganan kanker, seperti kemotherapi, radioterapi maupun pembedahan. Satu yang perlu diingat, bahwa dalam  menghadapi kanker, waktu memiliki peran yang sangat penting. Semakin cepat diagnosis yang dilakukan, semakin tinggi pula peluang keberhasilan penanganannya.

Bagikan Ke:

IGD 24 JAM

0251 - 835 9040

TELEPON

0251 - 832 4080