Ini Dia Dampak Buruk Pokemon Go Bagi Mata

Artikel Kesehatan - 02-09-2016 07:09
Ini Dia Dampak Buruk Pokemon Go Bagi Mata

Sumber gambar:

Demam Pokemon Go ternyata tidak hanya menimpa orang dewasa, sebaliknya dari remaja hingga anak-anak ikut menggemari permainan dengan tokoh Pikatchu kuning ini

ilustrasi

Menanggapi fenomena Pokemon Go , Dokter Spesialis Mata RS PMI Bogor dr.Kalqin Alimi Komara, Sp.M mengatakan apapun jenisnya permainan gadget jika dilakukan secara terus menerus akan merusak mata.  ‘’Tak hanya pokemon Go, games apapun jika kita lakukan secara rutin dan terus menerus tentu akan berdampak buruk bagi mata,’’ujarnya.

Apalagi permainan Pokemon Go ini dilakukan dengan menatap layar gadget secara terus menerus dan dilakukan secara mobile.’’Terutama untuk anak dibawah 20 tahun resiko mata minus semakin besar,’’lanjutnya.

Selain itu, saking asyiknya tak jarang orang yang sudah kecanduan permainan Pokemon Go ini melakukannya di malam hari. Dan ini jelas lebih berbahaya lagi karena perlu diketahui, lampu biru yang dipancarkan layar smartphone dibuat sedemikian rupa agar kita masih melihat apapun di layar meski berdiri dibawah cahaya terang matahari. Akan tetapi, jika terpancar pada malam hari hal ini benar-benar 'menipu' pikiran kita, seolah-olah saat itu masih siang.

Apakah ini berbahaya? Jelas! Alasannya, ketika pikiran kita yakin bahwa saat itu adalah siang hari, hormon melatonin ditekan. Melatonin merupakan hormon yang bertanggung jawab menjaga jam biologis tubuh agar sesuai  irama. Tidak berhenti disitu, kebiasaan menatap cahaya smartphone di malam hari secara konsisten mempengaruhi kita secara mental, fisik dan emosional dalam beberapa cara merugikan lainnya.

Lalu bagaimanakah caranya agar kita bterhindar dari dampak buruk bermain gadget, sangat mudah dan sederhana yakni dengan cara membatasi penggunaanya. Meski ini perlu waktu untuk penyesuaian tetapi lebih baik jika diatu ritme nya misalkan kita berikan jeda beberapa menit menatap gadget lalu istirahat.

Bagikan Ke:

IGD 24 JAM

0251 - 835 9040

TELEPON

0251 - 832 4080