VAKSINASI MENINGITIS SEBELUM TERLAMBAT


Artikel Kesehatan - 07-03-2017 03:03

Biasanya pada saat di scanning akan terlihat pelebaran sistem ventrikel dalam otak yang di situ menumpuk cairan otak karena selaput otak sudah meradang. Karena sudah infeksi penyerapannya tidak lagi seimbang. “Produksi cairan otak jalan terus, sirkulasinya jalan, tapi penyerapannya tidak seimbang, sehingga menumpuk, itu berarti terjadi hidrosepalus dan hal ini lebih memperberat kondisi pasien.

Kalau sudah terjadi hidrosepalus, pihak dokter pasti akan konfirmasi ke orang tua, lalu akan melakukan tindakan vipisan. “Untuk mem-bypass jalannya aliran cairan yang menumpuk dalam otak yang di-bypass dimasukkan di rongga perut supaya diserap rongga perut,” paparnya.

Kondisi anak yang meningitis virus biasanya akan membaik dalam beberapa minggu. Penanganan pada pasien meningitis dapat dilakukan dengan banyak istirahat dan minum obat pereda rasa sakit untuk sakit kepala. Sedangkan untuk pengobatan meningitis bakterialis perlu dilakukan perawatan di rumah sakit dengan diberikan antibiotik atau obat-obatan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan bakteri. Apalagi untuk kasus yang lebih parah, bisa sampai ke Unit Perawatan Intensif atau ICU agar fungsi vital tubuh bisa dipantau dengan saksama.

Mencegah lebih baik daripada mengobati adalah suatu hal yang sangat ditegaskan bagi dokter. Karena itu, para orangtua harus melakukan pencegahan dengan pemberian vaksin oleh dr spesialis anak. Ini akan membantu sekali dalam pencegahan meningitis pada bayi maupun pada anak

Terdapat dua jenis vaksin meningitis, yaitu vaksin meningokokus polysakarida dan vaksin meningokokus konjugat. Vaksin meningokokus polysakarida bisa diberikan untuk usia berapa pun dan mampu memberi perlindungan sebesar 90-95 persen. Vaksin ini bisa bertahan 1-3 tahun pada anak di bawah usia lima tahun. Sedangkan untuk dewasa akan melindungi selama 3-5 tahun. Untuk vaksin mengingokokus konjugat bukan untuk bayi, namun anak-anak sampai dewasa dan tidak dianjurkan dijadikan sebagai imunisasi rutin, karena biasanya vaksin hanya untuk jamaah haji

Berita PMI

RS PMI BOGOR MELAKUKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN GRATIS

19.01.2018

Rumah Sakit PMI Bogor melakukan pemeriksaan kesehatan gratis meliputi Tensi, asam urat, gula darah dan kolesterol dalam acara Sosialisasi Program BNI Fleksi Pensiun dari Bank BNI KC Bogor dan PT. Taspen

Srikandi RS PMI Bogor Sukses Hasilkan Buku Kesehatan

19.01.2018

Tak hanya melayani pasien, tim medis dari RS PMI Bogor juga berhasil meluncurkan sebuah buku tentang kesehatan. Lewat buku berjudul 'Basil Merah' tiga orang wanita yang berkecimpung di dunia kesehetan mengupas tuntas soal penyakit Tuberculosis.

Artikel Kesehatan

CARA MENYIMPAN OBAT DI RUMAH

19.01.2018

Bila cara penyimpanan obat di rumah tidak memenuhi persyaratan cara menyimpan obat yang benar, maka akan terjadi perubahan sifat obat hingga terjadi kerusakan obat, tentu hal itu justru akan memperparah kondisi pasien yang mengkonsumsinya.

ADA YANG MAU SAKIT GIGI? SUDAH PASTI TIDAK ADA

19.01.2018

Bayangkan betapa sengsaranya kita, bila kita tidak memiliki gigi. Bagaimana cara kita bisa menikmati daging? bagaimana cara kita bisa menikmati keripik atau makanan sejenisnya?

HIDUP BERKUALITAS DAN PRODUKTIF DENGAN TIDUR

19.01.2018

Tidak ada satupun aktivitas dalam kehidupan manusia yang tidak bermanfaat, termasuk tidur