HIDUP BERKUALITAS DAN PRODUKTIF DENGAN TIDUR


Artikel Kesehatan - 09-01-2018 15:01

Menurut sebagian orang, tidur bisa dikatakan sebagai bagian dari rutinitas hidup yang kurang ada manfaatnya. Tapi kenyataannya, seorang ahli pernah mengemukakan pandangan yang berbeda mengenai aktivitas tersebut

Tidur berfungsi memperbaiki seluruh sistem tubuh agar bekerja dengan normal dan optimal setelah bangun dari tidur. Selain itu, tidur juga dapat mengatur aktivitas metabolik, meliputi; pengaturan aktivitas sistem saraf otonom dan sistem hormon sehingga perubahan aktivitas sistemik terjadi. Perubahan aktivitas sistemik inilah yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental kita.

Beberapa tips yang dibagi oleh dr. Riati Sri H, MSc,Sp.KJ untuk memperbaiki kualitas tidur seseorang agar lebih produktif, antara lain:

  1. Jadwal tidur yang teratur.

Usahakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, bahkan ketika libur.

  1. Rutinitas sebelum tidur.

Biasakan melakukan rutinitas yang sama sebelum tidur, mialnya; Sikat gigi, cuci dan cuci muka. Aktivitas tersebut tidak hanya dilakukan di rumah saja, bahkan ketika di tempat lain.

  1. Lingkungan yang kondusif untuk tidur.

Tidur dilingkungan yang benar-benar membuat nyaman;tenang dan tidak bising. Selain itu, gunakan pakaian yang nyaman juga ya.

  1. Pembatasan penggunaan kamar tidur.

Kamar tidur hanya diperlukan untuk tidur dan kegiatan seksual saja, jangan lakukan kegiatan lain, seperti; Makan, membaca bahkan untuk menghitung uang.

  1. Menghindari penggunaan stimulan dan obat diuretik sebelum tidur.

Makanan atau minuman yang mengandung stimulant, misalnya terdapat pada; kafein, tembakau  dan alkohol. Sedangkan diuretik adalah obat yang dapat membuat seseorang yang mengkonsumsinya sering buang air kecil. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari penggunaannya 4-6 jam sebelum tidur.

  1. Bantal.

Meletakkan bantal di antara lutut atau di bawah pinggang dapat membuat beberapa orang lebih nyaman. Pada seseorang dengan masalah pada punggung, tidur terlentang dengan bantal di bawah lutut dapat membantu.

  1. Olahraga teratur.

Lakukan olahraga di pagi hari, jangan pernah di malam hari. Olahraga dimalam hari dapat berpengaruh pada sistem kardiovaskular dan susunan saraf pusat sehingga membuat seseorang akan terjaga.

  1. Relaksasi dan biofeedback.

Stress dan kekhawatiran merupakan hal yang dapat mengganggu tidur, cobalah menghipnotis diri sendiri, relaksasi secara perlahan, dan latihan napas dalam agar seluruh tubuh menjadi rileks.

  1. Mengurangi waktu di tempat tidur.

Jangan terlalu lama berada di tempat tidur, khususnya bagi mereka yang berbaring di tempat tidur tetapi tidak bisa tidur.

 

Nah, itulah beberapa tips yang mungkin bermanfaat. Yuk, sama-sama kita perbaiki hygiene tidur kita, agar hidup kita lebih berkualitas dan produktif. Selamat tidur. (*EPL)

Berita PMI

RS PMI BOGOR MELAKUKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN GRATIS

19.01.2018

Rumah Sakit PMI Bogor melakukan pemeriksaan kesehatan gratis meliputi Tensi, asam urat, gula darah dan kolesterol dalam acara Sosialisasi Program BNI Fleksi Pensiun dari Bank BNI KC Bogor dan PT. Taspen

Srikandi RS PMI Bogor Sukses Hasilkan Buku Kesehatan

19.01.2018

Tak hanya melayani pasien, tim medis dari RS PMI Bogor juga berhasil meluncurkan sebuah buku tentang kesehatan. Lewat buku berjudul 'Basil Merah' tiga orang wanita yang berkecimpung di dunia kesehetan mengupas tuntas soal penyakit Tuberculosis.

Artikel Kesehatan

CARA MENYIMPAN OBAT DI RUMAH

19.01.2018

Bila cara penyimpanan obat di rumah tidak memenuhi persyaratan cara menyimpan obat yang benar, maka akan terjadi perubahan sifat obat hingga terjadi kerusakan obat, tentu hal itu justru akan memperparah kondisi pasien yang mengkonsumsinya.

ADA YANG MAU SAKIT GIGI? SUDAH PASTI TIDAK ADA

19.01.2018

Bayangkan betapa sengsaranya kita, bila kita tidak memiliki gigi. Bagaimana cara kita bisa menikmati daging? bagaimana cara kita bisa menikmati keripik atau makanan sejenisnya?

HIDUP BERKUALITAS DAN PRODUKTIF DENGAN TIDUR

19.01.2018

Tidak ada satupun aktivitas dalam kehidupan manusia yang tidak bermanfaat, termasuk tidur