CEGAH MENINGITIS SEBELUM TERJADI KOMPLIKASI


Artikel Kesehatan - 07-03-2017 03:03

Orangtua harus lebih ketat pengawasan kepada bayi maupun balitanya, karena kadang orang tua mengira anaknya ngantuk dan menyodorkan makanan terus menerus, padahal makanan yang diberikan orang tua pada anak menumpuk di dalam rongga mulut dan masuk ke dalam paru-paru yang akan mengakibatkan komplikasi yang lebih berat

Komplikasi akan lebih cepat muncul pada meningitis jenis bakterialis dan meningitis jenis itu lah yang paling berbahaya jika didiamkan karena akan terjadi komplikasi kehilangan pendengaran baik itu parsial atau total, masalah di ingatan atau konsentrasi, rasa lelah terus menerus, kesulitan belajar bisa bersifat sementara atau permanen, masalah pada keseimbangan, masalah dalam berbicara, hilangnya penglihatan sebagian ataupun total, muncul gangren atau jaringan rusak yang akan mati dan dirusak oleh racun yang dihasilkan bakteri yang masuk dalam darah, syok, epilepsi, atau bahkan bisa sampai lumpuh otak dan kematian.

Selain kompikasi pada fisik, pada psikis juga akan terjadi komplikasi karena traumatis yang terjadi dan akan banyak pola pikir juga perilaku yang bisa berubah. “ Yakni akan mengompol jika sudah balita, tidur terganggu, suasana hati menjadi labil, mimpi buruk, haus perhatian dan ingin selalu dekat dengan orang tersayang seperti anak akan cemas jika jauh dari orangtuanya, mengembangkan rasa takut pada rumah sakit dan dokter, mudah marah tiba-tiba dan akan lebih agresif.

Jika mengalami komplikasi psikologis atau mencemaskan soal perilaku anak, orang tua segera konsultasikan dengan dokter. Layanan kesehatan mental atau perawatan seperti terapi wicara atau konseling seperti psikolog anak dan komplikasi pada psikis ini juga bisa terjadi jika anak dirawat secara intensif selama beberapa minggu dan setelah meninggalkannya biasanya akan terjadi suara akan pelan, badan lemah dan letih.

Berita PMI

Srikandi RS PMI Bogor Sukses Hasilkan Buku Kesehatan

16.12.2017

Tak hanya melayani pasien, tim medis dari RS PMI Bogor juga berhasil meluncurkan sebuah buku tentang kesehatan. Lewat buku berjudul 'Basil Merah' tiga orang wanita yang berkecimpung di dunia kesehetan mengupas tuntas soal penyakit Tuberculosis.

Artikel Kesehatan

DIFTERI, KLB dan ORI

16.12.2017

Belakangan ini dengan beredarnya kabar KLB difteri di berbagai tempat di Indonesia yang disusul dengan dicanangkannya kegiatan ORI timbul kehebohan dan kebingungan di kalangan masyarakat terutama para orangtua. Berbagai pertanyaan yang timbul tersebut aka

SEHAT JIWA DI TEMPAT KERJA

16.12.2017

Konsep sehat menurut WHO adalah keadaan yang sempurna baik fisik, mental maupun sosial, tidak hanya terbebas dari penyakit atau cacat.

JANGAN MAKLUM DENGAN PIKUN

16.12.2017

Disadari atau tidak, pikun bukanlah sesuatu yang harus di maklumi. Karena Sekitar 60-70 % dari kasus Demensia atau Pikun merupakan penyakit Alzaimer dan itu bukanlah dianggap sesuatu yang wajar dalam proses penuaan